Wisata Surabaya (WS)

Penyambung lidah milis [wisatasurabaya], untuk berbagi cerita wisata di surabaya dan sekitarnya, pengobat rindu di kala jauh dari kampung halaman, info bagi yang akan mengunjungi surabaya, pegangan menghabiskan malam minggu sambil jalan-jalan, dan mungkin akhirnya menjadi satu keluarga besar, keluarga besar pecinta surabaya :).

Mlaku-mlaku yok.

Selasa, Agustus 14, 2007

[Review] Festival Rujak BG Junction: Bagian 1

Ini laporan singkat sesingkatnya dari acara Festival Rujak yang diadakan di BG Junction tgl 10 – 12 Agustus 2007, sekaligus kopdar pertama milis wisatasurabaya.



Penulis: Astri dan Vina

Saya yang berniat mencari sarapan pagi datang 1 jam lebih awal dari perjanjian pukul 11.00, sambil sarapan Mie Pangsit, saya jadi bisa melihat para peserta festival sedang menyiapkan dagangannya. Ternyata Manda agak2 salah kasih info, banyak foodcourt yang masih tutup pada pukul 10.00, dan peserta festival baru benar2 siap pada pukul 11.00.

Oya Festival kali ini diikuti oleh 5 peserta yaitu Rujak Manis Kartika, Rujak Madura Reng Oneng, Rujak Cingur Plaza Surabaya, Rujak Cingur Sedati, dan Rujak Soto Banyuwangi.

Setelah teman2 datang (Herru n Cipto disusul dengan Pak Rudy n Bu Erni. Pei2 menyusul soalnya masih adaptasi dengan kacamatanya) mulailah kita bergerilya memesan rujak, untuk babak pertama yang dipesan Rujak Cingur Sedati dan Rujak Cingur Plaza Surabaya, Rujak Soto dan Rujak Madura. Gimana soal masing2 rasa? Untuk rujak cingur kami lebih menjagokan Rujak Cingur Plasa Surabaya karena bumbunya lebih pas, tidak ada rasa manis sama sekali, sedangkan RC Sedati ada rasa2 manis yang timbul yang kemungkinan muncul dari penggunaan kecap manis. Rujak Madura saya sendiri agak males mencicpi karena saat dicoba oleh kawan2 yang lain rasa vetsinnya kencang sekali :( Rujak Soto? Hmmm… Gimana ya? Jadi itu Rujak Soto itu rujak yang disiram dengan kuah soto. Rasanya sih jadi kayak makan soto dengan isi rujak bukan daging. Kalo saya pribadi saya gak akan mesan lagi… Gak tau yang lain, mungkin ada pendapat?

Stelah semua rujak yang dipesan pertama kali habis, barulah saya memesan 1 porsi rujak manis untuk dishare dengan kawan2 yang lain. Jadi penetral rasa asin dari rujak2 lain yang dipesan. Bumbunya menggunakan gula merah dan kacang.

Setelah selesai kemudian kita jalan2 keliling BG Junction dan mendapat telpon bahwa Manda, Vina baru saja tiba di food court… :( wah, kita masih menurunkan isi perut dulu nih. Jadilah setengah jam kemudian baru bertemu teman2 yang baru yaitu Manda, Vina, Dita aka Syahwinda dan Fahmi. Oya Pei juga nongol kurang lebih pada waktu yang sama dengan mereka, tentunya dengan kacamatanya ;)

Kubu Manda dkk, ternyata sudah menghabiskan rujak madura, dan kemudian mendapat kiriman RC Sedati. Pei juga kepingin tau rasanya rujak soto pesan 1 dan share sama saya, dan Herru nongol dengan Bakso A Fung. Sambil makan babak ke 2 ini kami berusaha saling mengenal, tukeran alamat blog masing2.

Oya kalo menurut Vina nih Sebenarnya sih saya bukan penggemar pedas. Tapi kalo rujak rasanya manis...wah buat saya jadi ilfil. Itu kesan yang saya dapat waktu nyoba Rujak Sedati yang dipesan Mbak Manda. Selain itu juga potongannya, yang menurut saya kurang imut dikit. Jadi rasanya penuh di mulut.

Trus untuk Rujak Madura, it's ok actually. Sayangnya bumbunya, menurut saya, kurang sip. Mungkin karena tidak pakai petis madura yang rada-rada gurih itu. Untuk Rujak Soto sih saya memang dari dulu nggak tertarik. Aneh aja rasanya makan rujak dicampur kuah soto. Meski teman-teman saya yang dari madura bilang yahud (ya iya lah!), tapi masih belum kepingin coba. Yah, mungkin lain kali.

Nice to meet u friends, sampai ketemu di kopdar selanjutnya, ditunggu juga reviewnya tentang festival rujak ini.

Oya buat foto, daftar alamat, di bagian 2 postingan ini ya...

Tidak ada komentar: